Selasa, 16 Februari 2016

" KKN, Masa sihhh .... "

Heii ... long time no see
Dini mau cerita soal KKN, apa itu KKN ?KKN adalah akronim dari Kuliah Kerja Nyata…? Dimulai tanggal 16 Januari 2016 keberangkatan. Awalnya dari tridarma perguruan tinggi yakni Pengabdian Masyarakat. Jadi KKN merupakan salah satu syarat kelulusan Sarjana di UNJ. Setelah melalui PKL, PKM dan akhirnya KKN. Alhamdulillah Dini dapet lokasinya di Kampung Gima, Desa Pari, Mandalawangi, Pandeglang, Banten. *kurang lengkap apa coba*
KKN, sebulan, tinggal dirumah orang, kampung orang, tanpa orangtua, banyak kecemasan yang hadir. Mau gak mau harus dihadapi. Karena nanti, besok atau lusa pasti bakal dilewati.
Kelompok KKN yang kita beri nama  " PITES " atas usul dari Arip.
Kita kenalan dulu aja sama personil PITES.
1. Azhar ( FIK )
    Cowo ya gak sengaja ditunjuk jadi ketua ini, ternyata awalnya doang kalem, seterusnya dia       ternyata sumber kegilaan dan biangnya hahaha...tapi dia orang cukup bisa mengayomi kita semua walaupun kadang nurut aja dan belum bisa ngambil keputusan sendiri.
2. Arip ( FIK )
    Ini nih si kembarannya Azhar, bocahnya suka ceplas-ceplos , ngelawak, menghibur semua. dan yang paling penting dia bisa di andelin, tanggung jawab, punya ide dan inisiatif, cocoklah buat pendamping Azhar *selamakkn hihihi
3. Vio ( FIS )
    Spesialis masak nasi. Selama kkn dia lah yang menyediakan nasi buat kita semua makan. Pribadinya santun, pinter ngaji, polos, dan lucu. Terus dia itu pelor.
4. Eka ( FIS )
    Mukanya sih jutek dan galak. hehe tapi setelah kenal ternyata emang gitu. Gampang disuruh dan rapi, juga miss perfect. Sayangnya, dia terlalu mengandalkan uang. 
5. Ain ( PGSD )
    Awalnya kirein kalem, ternyata bisa gila juga dia. Tukang ngemil dan makan. baik, tapi kalau udah ketularan, suliiiittt .....
6. Aulya ( PGSD )
    Koki selama kkn, tapi ga full. karena sempet sakit dia. Baik, terkenal kepsek rumbel yang galak hehehe...jangan sombong2 ya aul :)
7. Anisah ( FE )
    Pertama juga kira, si anisah kalem...ternyata penampilan pertama menipu haha, temen gilanya Azhar ini. Pencetus cemilan sponge. ceria dan polos.
8. Marisya ( FE )
    Biasa dipanggil Magne, anaknya cantik, bagian dokumentasi dia. kalau perlu foto atau mau difoto tinggal panggil Magne aja. dia juga spesialis masak nasgor bareng Anisah kalau bu koki gak masak. hahaha
9. Ipit ( FT )
    Ini mah udah sering ketemu, udah tau kayak apa. Tapi ternyata kalo cape dia tidurnya rusuh banget. kaki kemana , tangan kemana hahaha...dan disana gue sama ipit dibilang kembar sekian kali dan disebut upin-ipin -__- tapi senengnya kita bisa dibilang dewasa sama mereka, beneran dianggap kakak...maklum 2012 berdua.
    
Pertama datang kita kunjungan ke orang-orang penting di Kampung Gima, sekaligus silahturahmi dengan tokoh masyarakat. 3 hari pertama masih gabut, tapi setelah Rumah Belajar ( Rumbel ) jadi gak gabut lagi, hari pertama ada 40 anak yang datang. Dan itu cukup rusuh tapi menyenangkan, anak-anak di Desa jauh lebih bersemangat dan antusias dalam belajar, sampe ada yang minta PR. Kalau disini kan boro-boro mau dikasih PR, minta juga nggak hehehe.
Permainan ketika Rumbel

Kegiatan Belajar di Rumbel

H-1 Sebelum kembali ke Jakarta, ada perpisahan dengan warga kampung Gima dan Foto bareng dengan Bu Hj.Titi dan anaknya teh asih. Makasi ya bu sudah dibolehkan menginap dirumah ibu, maap merepotkan, sering ngerusakin barang-barang yang disengaja atau nggak, makasih udah ngajarin kita bikin kue, makasih udah menjadi keluarga baru untuk kita semua. 

Foto Bareng Ibu Titi dan Teteh
Dan akhirnya, h-2 kita semua jalan-jalan ke Pantai, setelah mendekam dirumah. walaupun sempet batal karena cuaca, ternyata ada jalan lain. Ada accident sedikit sih waktu , tapi alhamdulillah semua baik-baik aja.
Pites squad - Eka - Vio ( Pantai Carita )


Pelajaran/Hikmah yang bisa diambil selama KKN, kita harus belajar ketika kita ditempatkan dimana pun, harus belajar mengikuti aturan yang ada, meredam ego, sabar, lebih bersyukur, jangan mengandalkan uang, belajar berbagi, belajar rindu, belajar mandiri, belajar dari mereka yang semangat sekolah, yang ingin belajar, belajar mendengarkan, mengambil keputusan, belajar dari orang-orang baru meskipun ada hal yang tidak disuka, cukup terima saja, tak perlu ditiru, karena hidup adalah proses untuk kita menjadi yang lebih dan semakin baik.
Nggak semua orang mau mengikuti apa yang kita inginkan, karena setiap orang punya watak yang berbeda. Tinggal bagaimana kita bersikap, mau menyesuaikan atau tetap berdiri sendiri dengan egonya.

See you, Kampung Gima ...PITES :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar