Nama :
Dini Novianti
No.reg :
5235120382
Prodi :
S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 2012 (Reguler)
Jurusan : Teknik Elektro
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia
Jurusan : Teknik Elektro
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia
TUGAS E-LEARNING
Sebagai pembuat materi tentang
Aplikasi dalam Microsotf Office
Website E-learning : edmodo
username : kakungjp@gmail.com
password : ptikreg12
APLIKASI RUMUS FUNGSI & LOGIKA MICROSOFT EXCEL
Menggunakan Rumus (Formula)
Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel , karena setiap tabel dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah ;
Lambang | Fungsi |
+ | Penjumlahan |
- | Pengurangan |
* | Perkalian |
/ | Pembagian |
^ | Perpangkatan |
% | Persentase |
Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang (-)
o Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel, yang akan membantu dalam proses perhitungan. kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Pada umumnya penulisan fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
Beberapa Fungsi yang sering digunakan:
1. Fungsi Average(…)
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data(range). Bentuk umum penulisannya adalah =AVERAGE(number1,number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya.
2. Fungsi Logika IF(…)
Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut ;
Lambang |
Fungsi |
= |
Sama
dengan |
< |
Lebih kecil dari |
> |
Lebih
besar dari |
<= |
Lebih kecil atau sama dengan |
>= |
Lebih besar atau sama dengan |
<> |
Tidak sama dengan |
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah =MAX(number1,number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya.
4. Fungsi Min(…)
Sama halnya dengan fungsi max, bedanya fungsi min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data numerik.
5. Fungsi Sum(…)
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1,number2,…). Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan.
6. Fungsi Left(…)
Fungsi left digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks. Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars). Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kiri, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.
7. Fungsi Mid(…)
Fungsi ini digunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian tengah dari suatu teks. Bentuk umum pemakaian fungsi ini adalah=MID(text,start_num,num_chars). Artinya mengambil sejumlah karakter mulai dari start_num, sebanyak num_char.
8. Fungsi Right(…)
Fungsi ini merupakan kebalikan dari fungsi left, kalau fungsi left mengambil sejumlah karakter dari sebelah kiri, maka fungsi mengambil sejumlah karakter dari sebelah kanan teks.. Bentuk umum penulisannya adalah =RIGHT(text,num_chars). Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kanan, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.
9. Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel secara horizontal (VLOOKUP) atau secara vertikal (VLOOKUP). Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah :
=HLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Row_index_num,…)
=VLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Col_index_num,…)
Dari rumus diatas, dapat dilihat bahwa bedanya hanya pada nomor indeksnya saja, kalau kita pakai HLOOKUP, maka digunakan nomor indeks baris (Row_index_num), tapi kalu pakai VLOOKUP digunakan nomor indeks kolom (Col_index_num). Nomor indeks adalah angka untuk menyatakan posisi suatu kolom/baris dalam tabel yang dimulai dengan nomor 1 untuk kolom/baris pertama dalam range data tersebut.
DATE FUNCTION (FUNGSI TANGGALv & WAKTU)
Fungsi ini digunakan untuk melakukan pendataan umur yaitu untuk menghitung umur berdasarkan tanggal – bulan – tahun kelahiran yang bersangkutan sampai hari pendataan.
FUNGSI TANGGALDAN WAKTU
Langkah pembuatan :
1. Buatlah kolom No Nama Tgl Lahir Hari Lahir Umur Sampai Tanggal (Tahun Bulan Hari ) atau tanggal yang di hitung.
2. Masukkan data Nama Tanggal Lahir dan Hari Lahir
3. Pada kolom berikutnya Umur Sampai Tanggal Tahun dapat kita masukkan rumus Fungsi tanggal yaitu
=DATEDIF(C7,TODAY(),”y”)&” Tahun “
Logikanya jika tanggal pada cells C4 adalah hari ini umur dan tahun , maka akan keluar umur kita hari ini, selanjutnya tinggal di copy-paste untuk kolom selanjutnya.
4. Pada kolom bulan menggunakan rumus =DATEDIF(C7,TODAY(),”ym”)&” Bulan “
5. Pada kolom Hari menggunakn rumus =DATEDIF(C7,TODAY(),”md”)&” Hari “
ARITHMATIC FUNCTION (FUNGSI ARITMATIKA)v
Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan bilangan pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Contoh sebagai berikut :
FUNGSI ARITMATIKA
Langkah pembuatan :
1. Buatlah kolom Bil 1 (X) – Bil 2 (Y) – Bil 3 (Z) – Pertambahan – Pengurangan – Perkalian Pembagian – Gabungan
2. Masukkan angka pada kolom Bil 1 (X) – Bil 2 (Y) – Bil 3 (Z)
3. Pada kolom Pertambahan diisikan rumus yaitu :
=SUM(A17:C17)
Hasil penambahan dari A17 sampai C17
4. Pada kolom Pengurangan diisikan rumus yaitu :
=(C17-B17-A17)
Hasil pengurangan dari A17 sampai C17
5. Pada kolom Perkalian diisikan rumus yaitu :
=(C17*B17*A17)
Hasil perkalian dari A17 sampai C17
6. Pada kolom Pembagian diisikan rumus yaitu :
=(C17/B17/A17)
Hasil pembagian dari A17 sampai C17
7. Pada kolom Gabungan diisikan rumus yaitu :
=(C17&B17&A17)
LOGICAL FUNCTION (FUNGSI LOGIKA)v
Fungsi ini terbagi dalam tiga fungsi OR – AND – NOT
Fungsi OR Penerapan fungsi ini tentu dikombinasikan dengan fungsi lain, misal untuk memilih salah satu diantara beberapa pilihan.
Fungsi AND Sebagai mana fungsi OR fungsi ini juga tidak dapat berdiri sendiri dan penerapannya dikombinasikan dengan fungsi lain.
Fungsi AND akan menghasilkan nilai TRUE (benar) jika semua syarat bernilai benar akan menghasilkan nilai FALSE (salah) jika salah satu bernilai salah.
Fungsi NOT Fungsi ini digunakan untuk memberikan nilai TRUE jika pernyataan yang ditulis bernilai FALSE atau sebaliknya.
FUNGSI LOGIKA
Langkah pembuatan :
1. Buatlah kolom Bil I – Bil II – Bil III – F.AND – F.OR – F.NOT
2. Masukkan angka pada kolom Bil I – Bil II – Bil III
3. Pada kolom F.AND diisikan rumus yaitu :
=AND(B53:C53:A53)
4. Pada kolom F.OR diisikan rumus yaitu :
=OR(B53:C53:A53)
5. Pada kolom F.NOT diisikan rumus yaitu :
=NOT(B53:C53:A53)
IF FUNCTION (FUNGSI IF)v
Fungsi IF ini berfungsi untuk membuat keputusan atau pilihan berdasarkan plilhan yang ada
FUNGSI IF
FUNGSI IF 1
Langkah pembuatan :
1. Buatlah kolom Kode – Jenis
2. Masukan angka kode kekolom kode
3. Masukan rumus fungsi if yaitu
=IF(A72 = 1,”PENTIUM”,IF(A72 = 2,”DURON”,”ATHLON”))
Jika A72 adalah 1 maka pernyataan yang keluar adalah PENTIUM
Jika A72 adalah 2 maka pernyataan yang keluar adalah DURON Laiinya adalah ATHLON
Langkah pembuatan :
1. Buatlah kolom NO – Nilai (Word Excel) – Keterangan
2. Masukan data ke kolom NO dan Nilai
3. Pada kolom Keterangan masukan rumus fungsi if yaitu
=IF(AND(D78>=90,D78=75,D78= 90 >= 100 maka pernyataan yang keluar adalah ISTIMEWA
Jika D78 adalah >= 75 >= 90 maka pernyataan yang keluar adalah BAIK Laiinya adalah
JELEK FUNGSI IF 2
Langkah pembuatan :
1. Buatlah kolom No. Urut – Nama Pelanggan – Kode Barang – Jml Barang – Nama Barang – Harga Satuan – Total Harga
2. Masukan data ke kolom No. Urut – Nama Pelanggan – Kode Barang – Jml Barang
3. Masukan rumus fungsi if yaitu
=IF(C92 = “A”,”Laptop”,IF(C92= “B”,”Komputer”,”Printer”)) Jika C92 adalah A, maka Nama Barang Laptop.
Jika C92 adalah B maka Nama Barang Komputer. Lainnya adalah Printer
STATISTIC FUNCTION (FUNGSI STATISTIKA)v
Fungsi STATISTIKA ini berfungsi untuk Menghitung Nilai Tertinggi , Nilai Terendah, Nilai Rata-Rata, Total Nilai dan Jumlah Variabel , FUNGSI STATISTIKA
FUNGSI STATISTIKA
Langkah pembuatan :
1. Buatlah kolom Nama Nilai (Ulangan 1 Ulangan 2 Ulangan 3) Total Nilai Rata-rata
2. Masukan data ke kolom Nama Nilai ( Ulangan 1 Ulangan 2 Ulangan 3)
3. Pada kolom Total nilai Masukan rumus fungsi yaitu
=SUM(C5:E5)
Hasil penambahan dari C5 sampai E5
4. Pada kolom Rata Rata nilai Masukan rumus fungsi yaitu
=AVERAGE(C5:E5)
Hasil rata rata dari C5 sampai E5
5. Pada kolom Banyaknya Siswa Masukan rumus fungsi yaitu
=COUNT(A5:A9)
Jumlah data dari A5 sampai A9
6. Pada kolom nilai tertinggi Masukan rumus fungsi yaitu
=MAX(F5:F9)
Nilai Max dari F4 sampai F9
7. Pada kolom Rata Rata nilai irma Masukan rumus fungsi yaitu
=AVERAGE(C7:E7)
Hasil rata rata dari C7 sampai E7
8. Pada kolom nilai tertinggi Rina Masukan rumus fungsi yaitu
=MAX(C6:E6)
Nilai Max dari C6 sampai E6
9. Pada kolom Rata rata terendah Masukan rumus fungsi yaitu
=MIN(G5:G9)
Nilai Min dari G5 sampai G9
STATISTIC FUNCTION For Week Reportv
(FUNGSI STATISTIKA untuk laporan mingguan)
Fungsi STATISTIKA ini juga berfungsi untuk laporan mingguan penjualan dalam suatu toko beras.
FUNGSI STATISTIKA FUNGSI STATISTIKA dalam pembuatan laporan mingguan ( Menggunakan perhitungan rumus)
Langkah pembuatan :
1. Buatlah kolom Kode Jenis Harga Berat Diskon Setoran Bonus Pendapatan
2. Masukan data ke kolom Kode Jenis Harga Berat Bonus
3. Pada kolom Diskon (10%) Masukan rumus fungsi yaitu
=(10/100)*C94
4. Pada kolom Setoran Masukan rumus fungsi yaitu
HARGA – DISKON* BERAT.
=(C94-E94)*D94
5. Pada kolom Pendapatan Masukan rumus fungsi yaitu
(HARGA * BERAT) + BONUS –SETORAN.
=(C94*D94)+G94-F94
HLOOKUP FUNCTION (FUNGSI HLOOKUP)v
Fungsi HLOOKUP adalah salah satu fungsi referensi yang bisa digunakan untuk menghitung atau mengambil data dari tabel referensi. HLOOKUP biasa juga disebut horizontal lookup.
FUNGSI HLOOKUP
Langkah pembuatan :
1. Buatlah kolom Kode Nama Barang Produksi Harga Terjual Diskon Bonus
2. Masukan data ke kolom Kode Nama Barang Harga
3. Pada kolom Produksi Masukan rumus fungsi yaitu
=HLOOKUP(LEFT(A109,1),A116:D118,2,0)
Fungsi rumus hlookup ini maka secara otomatis akan memberi jenis produk
4. Pada kolom Terjual Masukan rumus fungsi yaitu
=MID(A109,3,3)
Fungsi Left, Mid, dan Right adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data di Microsoft Excel dimulai dari kiri, tengah, dan kanan
5. Pada kolom Diskon Masukan rumus fungsi yaitu
=IF(E109>=150,(10/100)*D109
Jika jumlah baraang yang terjual ( E109) lebih besar dari 150, dan akan diberikan 10%. Dari jumlah HARGA (D109).
6. Pada kolom Bonus Masukan rumus fungsi yaitu
=IF(C109=”XL”,”Topi”,”PIN)
Jika produksi C109 sama dengan XL maka outputnya TOPI dan selain itu makan outputnya PIN.
VLOOKUP FUNCTION (FUNGSI VLOOKUP)v
Fungsi VLookup adalah fungsi untuk mencari nilai pada kolom paling kiri dari suatu tabel dan mengembalikan nilai pada baris yang sama dari kolom yang anda tentukan pada tabel.
Gunakan VLookup daripada HLookup ketika anda membandingkan nilai yang berada dalam kolom sebelah kiri dari data yang anda ingin temukan.
VLOOKUP biasa juga disebut Vertikal lookup.
FUNGSI VLOOKUP
Langkah pembuatan :
1. Buatlah kolom Kode NIS Sekolah Kelas Jurusan
2. Masukan data ke kolom dan kolom data lainnya
3. Pada kolom NIS Masukan rumus fungsi yaitu
=MID(A132,3,6)
4. Pada kolom Sekolah Masukan rumus fungsi yaitu
=VLOOKUP(LEFT(A132,1),A139:B139,2,0)
5. Pada kolom Kelas Masukan rumus fungsi yaitu
=MID(B132,5,1)
6. Pada kolom Jurusan Masukan rumus fungsi yaitu
=HLOOKUP(RIGHT(A132,1),D138:F139,2,0)
POWER
POINT
FUNGSI
MS.POWER POINT
- MANFAAT
MICROSOFT POWER POINT
Microsoft powerpoint mempunyai fungsi untuk membantu kita mempresentasikan laporan. Maksudnya powerpoint bisa menyusun bahan presentasi dan menyajikannya dalam bentuk visual yang menarik dalam waktu yang singkat. - Microsoft
Power Point adalah suatu program aplikasi yang berfungsi untuk
membuat presentasi dalam bnetuk slide-slide
- Untuk
menjalankan Wizard dalam mengorganisir informasi dan untuk merancang
tampilan / presentasi
- Untuk
membantu mengorganisir informasi presentasi dan membantu dengan tampilan
keseluruhan.
- BAGIAN
DAN FUNGSI DARI MENU
•FILE
1.New
Fungsi → untuk membuat file presentasi baru
2.Open
Fungsi → untuk membuka document yang telah disimpan
3.Close
Fungsi → untuk menutup file
4.Save
Fungsi → untuk menyimpan file pada disket
5.Save as
Fungsi → untuk menyimpan file
6.Save as Web Page
Fungsi → untuk mencari file
7.Web Page Preview
Fungsi →
8.Page Setup
Fungsi → untuk mengubah ukuran halaman pada suatu slide, arah cetakan (orientasi)
9.Print Preview
Fungsi → untuk menampilkan hasil cetakan di layar monitor
10.Print
Fungsi → untuk mencetak slide ke printer
•EDIT
1.Undo New Slide
Fungsi → Untuk membatalkan perintah sebelumnya
2.Repeat Send To Mail
Fungsi → untuk mengulang pengiriman pos
3.Recipient ( as attachment )
Fungsi → sebagai penerima alat pelengkap / tambahan
4.Delete Slide
Fungsi → untuk mengahpus slide
5.Find
Fungsi → untuk mencari suatu teks
6.Replace
Fungsi → untuk mencari dan mengganti teks
•VIEW
1.Normal
Fungsi → mengubah slide dalam keadaan normal
2.Slide Sorter
Fungsi → untuk mengubah slide dalam bentuk sorter slide
3.Slide Even Show
Fungsi → untuk menampilkan slide satu layar penuh
4.Master
Fungsi →
5.Black and White
Fungsi → presentasi yang mencetak layout warna hitam dan putih
6.Toolbars
Fungsi → untuk membantu dalam bentuk gambar
7.Header and Footer
Fungsi → untuk menghapus nomor halaman
8.Zoom
Fungsi → untuk mengubah ukuran layar.
•INSERT
1.New Slide
Fungsi → untuk menambah slide baru
2.Duplicate Slide
Fungsi → menduplikat suatu obyek
3.Slide Number
Fungsi → untuk menyisipkan nomor urut
4.Date and Time
Fungsi → untuk menyisipkan data dan waktu pada slide
5. Symbol
Fungsi → untuk menampilkan symbol pada slide
6.Slides From Files
Fungsi → slide dari file
7.Slides From, Outline
Fungsi → slide dari
8.Picture
Fungsi → untuk menampilkan dan memilih gambar
9.Text Box
Fungsi → untuk membuat kotak dan tulisan
10.Movies and Sounds
Fungsi → untuk mengeluarkan film dan suara pada slide
11.Chart
Fungsi → untuk membuat grafik
12.Table
Fungsi → untuk membuat tabel
13.Object
Fungsi → untuk menyisipkan objek dari program
14.Hyperlink
Fungsi → untuk menghubungkan data dari program lain
•FORMAT
1.Font
Fungsi → sebagai efek cetak khusus
2.Bullets and Numbering
Fungsi → untuk membuat daftar bersimbol dan bernomor
3.Aligment
Fungsi → untuk membuat paragraf
4.Change Case
Fungsi → untuk mengubah bentuk huruf
5.Replace Fonts
Fungsi →
6.Slide Layout
Fungsi →
7.Slide Color Scheme
Fungsi → menentukan bagian warna pada suatu slide
8.Background
Fungsi → untuk mengubah background slide
9.Apply Design
Fungsi → untuk design suatu slide
•TOOL
1.Spelling
Fungsi → untuk mengecek ejaan
2.Language
Fungsi → untuk memilih bahasa
3.Autocorrect
Fungsi → untuk memeriksa kembali
•SLIDES SHOW
1.View Show
Fungsi → untuk menampilkan tampilan
2.Custom Animation
Fungsi → memberikan efek animasi
3.Animation Preview
Fungsi → untuk menampilkan animasi pada layar
4.Slide Transition
Fungsi → untuk memberikan efek-efek tertentu saat terjadi perpindahan dari slide satu ke slide yang lain.
•WINDOW
1.New Window
Fungsi → untuk membuka jendela baru
2.Next Page
Fungsi → ke obyek lain
•HELP
1.Ms. Power Point Help
Fungsi → untuk menampilkan bantuan Power Point
2.What’s This ?
Fungsi → untuk menampilkan bantuan pada objek yang ditunjuk.
1.New
Fungsi → untuk membuat file presentasi baru
2.Open
Fungsi → untuk membuka document yang telah disimpan
3.Close
Fungsi → untuk menutup file
4.Save
Fungsi → untuk menyimpan file pada disket
5.Save as
Fungsi → untuk menyimpan file
6.Save as Web Page
Fungsi → untuk mencari file
7.Web Page Preview
Fungsi →
8.Page Setup
Fungsi → untuk mengubah ukuran halaman pada suatu slide, arah cetakan (orientasi)
9.Print Preview
Fungsi → untuk menampilkan hasil cetakan di layar monitor
10.Print
Fungsi → untuk mencetak slide ke printer
•EDIT
1.Undo New Slide
Fungsi → Untuk membatalkan perintah sebelumnya
2.Repeat Send To Mail
Fungsi → untuk mengulang pengiriman pos
3.Recipient ( as attachment )
Fungsi → sebagai penerima alat pelengkap / tambahan
4.Delete Slide
Fungsi → untuk mengahpus slide
5.Find
Fungsi → untuk mencari suatu teks
6.Replace
Fungsi → untuk mencari dan mengganti teks
•VIEW
1.Normal
Fungsi → mengubah slide dalam keadaan normal
2.Slide Sorter
Fungsi → untuk mengubah slide dalam bentuk sorter slide
3.Slide Even Show
Fungsi → untuk menampilkan slide satu layar penuh
4.Master
Fungsi →
5.Black and White
Fungsi → presentasi yang mencetak layout warna hitam dan putih
6.Toolbars
Fungsi → untuk membantu dalam bentuk gambar
7.Header and Footer
Fungsi → untuk menghapus nomor halaman
8.Zoom
Fungsi → untuk mengubah ukuran layar.
•INSERT
1.New Slide
Fungsi → untuk menambah slide baru
2.Duplicate Slide
Fungsi → menduplikat suatu obyek
3.Slide Number
Fungsi → untuk menyisipkan nomor urut
4.Date and Time
Fungsi → untuk menyisipkan data dan waktu pada slide
5. Symbol
Fungsi → untuk menampilkan symbol pada slide
6.Slides From Files
Fungsi → slide dari file
7.Slides From, Outline
Fungsi → slide dari
8.Picture
Fungsi → untuk menampilkan dan memilih gambar
9.Text Box
Fungsi → untuk membuat kotak dan tulisan
10.Movies and Sounds
Fungsi → untuk mengeluarkan film dan suara pada slide
11.Chart
Fungsi → untuk membuat grafik
12.Table
Fungsi → untuk membuat tabel
13.Object
Fungsi → untuk menyisipkan objek dari program
14.Hyperlink
Fungsi → untuk menghubungkan data dari program lain
•FORMAT
1.Font
Fungsi → sebagai efek cetak khusus
2.Bullets and Numbering
Fungsi → untuk membuat daftar bersimbol dan bernomor
3.Aligment
Fungsi → untuk membuat paragraf
4.Change Case
Fungsi → untuk mengubah bentuk huruf
5.Replace Fonts
Fungsi →
6.Slide Layout
Fungsi →
7.Slide Color Scheme
Fungsi → menentukan bagian warna pada suatu slide
8.Background
Fungsi → untuk mengubah background slide
9.Apply Design
Fungsi → untuk design suatu slide
•TOOL
1.Spelling
Fungsi → untuk mengecek ejaan
2.Language
Fungsi → untuk memilih bahasa
3.Autocorrect
Fungsi → untuk memeriksa kembali
•SLIDES SHOW
1.View Show
Fungsi → untuk menampilkan tampilan
2.Custom Animation
Fungsi → memberikan efek animasi
3.Animation Preview
Fungsi → untuk menampilkan animasi pada layar
4.Slide Transition
Fungsi → untuk memberikan efek-efek tertentu saat terjadi perpindahan dari slide satu ke slide yang lain.
•WINDOW
1.New Window
Fungsi → untuk membuka jendela baru
2.Next Page
Fungsi → ke obyek lain
•HELP
1.Ms. Power Point Help
Fungsi → untuk menampilkan bantuan Power Point
2.What’s This ?
Fungsi → untuk menampilkan bantuan pada objek yang ditunjuk.
Cara
Memasukkan Teks, Gambar, Suara dan Video
- Untuk
memasukkan teks; Menekan menu insert sesudah itu akan muncul berbagai
pilihan. Salah satu pilihan itu adalah insert textbox . Tekan menu ini dan
akan muncul kotak teks di dalam tampilan presentasi. Langkah berikutnya
adalah mengkopi teks yang ingin dimasukkan dan kemudian menempelkannya
(paste) pada kotak yang tersedia.
- 2)
Untuk Memasukkan Gambar; Pertama tekan menu insert sesudah itu pilih menu
insert picture . Sesudah menu ini dipilih akan muncul dua pilihan from
file ... dan from clip art. .. Apabila pemrogram ingin memasukkan gambar
dari file maka tekan pilihan pertama dan apabila ingin memakai gambar dari
clip art yang sudah ada di komputer maka tekan pilihan yang kedua.
- 3) Untuk memasukkan Suara dan Video;
Suara dan video merupakan dua fasilitas yang disediakan oleh Microsoft
Powerpoint 2000 yang sangat mendukung pemrograman pembelajaran bahasa.
Untuk memasukkan video tekan menu insert dan selanjutnya tekan menu movies
and sounds . Maka akan muncul dua pilihan untuk masing-masing. Untuk suara
( sounds ) akan muncul sounds from file dan sounds from Gallery demikian
pula untuk movies akan muncul pilihan Movies from file atau Movies from
Gallery . Pemrogram tinggal memilih jenis file yang akan dimasukkan·
CARA MEMBUAT TAMPILAN MENARIK·
- Langkah
pemasangan background adalah dengan menekan menu format dan kemudian
menekan menu background . Sesudah itu akan muncul pilihan background fill
, more color dan fill effects . Apabila pemrogram ingin memilih warna yang
sudah ada maka tekan apply , apabila ingin memilih warna sendiri tekan
more color , pilih warna dan tekan apply , dan apabila ingin memberi
tekstur atau gambar sendiri maka tekan fill effects , pilih tekstur atau
gambar dan tekan apply .
- 2.
Pembuatan animasi dimulai dengan memilih objek yang akan dibuat animasi
dengan cara mengklik objek itu. Sesudah itu pilih menu Slide Show dan
kemudian memilih menu Custom Animation . Sesudah menekan menu itu akan
muncul berbagai pilihan diantaranya order and timing untuk mengatur urutan
dan waktu tampil ke layar dan juga pilihan effects untuk mengatur efek
yang diinginkan.
HYPERLINK·
- Hyperlink
atau hubungan adalah satu program yang memungkinkan programer memberikan
umpan balik secara langsung terhadap proses pembelajaran. Hubungan dengan
program lain akan memperkaya fasilitas yang mendukung pembelajaran dan
hubungan dengan internet akan membuka berbagai kemungkinan pembelajaran
yang lebih luas, pribadi dan otentik.
CARA MEMBUAT HYPERLINK·
- Adapun
cara membuat Hyperlink yaitu:
- Memilih
objek yang akan kita link ke program lain atau internet. Memilih objek
kita mengklik menu insert dan kemudian mengklik menu hyperlink, maka akan
muncul dialog box dan kemudian kita menuliskan alamat yang dituju misalnya
sebuah file atau sebuah situs web dan kemudian mengklik OK maka objek itu
akan tersambung ke alamat yang ditulis
- 2.
Melalui menu slide show dan kemudian menekan action settings, sesudah itu
akan muncul dialog box. Dengan mengisikan alamat dan mengklik OK maka
objek akan tersambung ke alamat yang diinginkan
MEMBUAT PERMAINAN·
- Fasilitas-fasilitas
yang ada diatas juga sangat mendukung pengembangan bahan pembelajaran yang
berupa permainan. Permainan yang ketrampilan yang menyerupai hangman atau
mine sweep dapat dikembangkan dengan program aplikasi ini demikian pula
permainan yang mengandalkan kecepatan.
- Tiap-tiap
permainan yang dibuat tentu saja harus disesuaikan dengan tujuan
pembelajaran. Permainan penyapu ranjau (mine sweep) misalnya dapat dipakai
untuk memfasilitasi pembelajaran kosa kata, sistem verba bahasa Indonesia
atau pembelajaran kata depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar