Jumat, 30 Mei 2014

JURNAL


Nama    : Dini Novianti
No.Reg   : 5234120382   
Prodi  : PTIK REG 2012
Jurusan  : Elektro
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia

Making Learning E-learning System Using Materials Programming PHP and MySQL database Integrated With SMS Gateway-Based Gamma in Multimedia and Animation Skills Program SMK PGRI 1 Jakarta
Pebi Nur Hadi
Pendidikan teknik Elektronika, Universitas Negeri Jakarta

Abstract
Pebi Nur Hadi, Making Learning E-learning System Using Materials Programming PHP and MySQL database Integrated With SMS Gateway-Based Gamma in Multimedia and Animation Skills Program SMK PGRI 1 Jakarta. Thesis Jakarta, Faculty of Engineering. Jakarta State University, 2011.
The study was conducted in line with technological developments, to develop instructional software as a web-based e-learning. Usefulness of e-learning as a form of learning models varied. The introduction of Information Technology for students and as a medium of interactive learning between teachers and students. The development of e-learning system using PHP programming language and MySQL database.
This study was conducted in laboratory Faculty of Electrical Engineering Department of Computer Engineering, State University of Jakarta and SMK 1 PGRI Jakarta. The study was conducted in April to June 2011, using the method of experiment.
E-learning web application is integrated with a web-based SMS Gateway successfully tested through localhost network. E-learning web application to upload and download materials as learning materials. Web e-learning also helps teachers manage student grades as parental monitoring students' learning achievement. This site can be supported information system with SMS gateway information systems.

Keywords: System of learning, e-learning, SMS gateway, PHP, MySQL.





PENDAHULUAN
Perkembangan  teknologi informasi  dan  komunikasi  yang  sangat  pesat mendorong berbagai  lembaga  pendidikan  memanfaatkan  sistem  E-learning    untuk  meningkatkan efektivitas dan  fleksibilitas pembelajaran. Meskipun hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran menggunakan  sistem E-learning cenderung sama bila dibandingkan dengan pembelajaran  konvensional  atau  klasikal,  tetapi  keuntungan  yang  bisa diperoleh  dengan  E-learning    adalah  hal  fleksibilitasnya.

Fleksibilitas menjadi kata kunci  dalam sistem E-learning. Peserta didik mampu meningkatkan ilmu yang diberikan oleh pengajar diluar jam pelajaran dengan kata lain sistem ini dibuat guna meningkatkan  pengetahuan peserta didik dengan melakukan pembelajaran diluar jam mata pelajaran . Pengajar pun dapat memperbaharui  materi pembelajarannya kapan saja dan dari mana saja. Dari segi isi,  materi pembelajaran pun dapat dibuat sangat fleksibel mulai dari bahan  berbasis teks sampai materi pembelajaran dengan  komponen multimedia. Begitu pula halnya dengan kualitas pembelajaran,  yang bisa sangat fleksibel atau variatif . Oleh  sebab itu untuk menciptakan suatu sistem E-learning   yang baik diperlukan  suatu perancangan yang baik, dan strategi dan cara-cara desain  instruksional yang tepat.

Melalui  E-learning   materi pembelajaran dapat diakses kapan saja dan dari mana saja, disamping itu materi yang dapat diperkaya  dengan  berbagai  sumber  belajar  termasuk  multimedia  dengan  cepat  dapat diperbaharui oleh pengajar. Oleh  karena  perkembangan  E-learning    yang  relatif  masih  baru,  definisi  dan implementasi  sistem  E-learning sangat variatif dan interaktif. Berdasarkan  pengamatan  dari  berbagai  sistem  pembelajaran  berbasis  web  yang  ada  di Internet, implementasi sistem E-learning   bervariasi mulai  dari  yang sederhana yakni sekedar kumpulan bahan pembelajaran yang ditaruh di web server dengan tambahan forum komunikasi lewat e-mail secara terpisah sampai dengan yang terpadu yakni berupa portal E-learning yang berisi berbagai obyek pembelajaran yang diperkaya dengan multimedia  serta  dipadukan  dengan  system  informasi  akademik,  evaluasi,  komunikasi, diskusi dan berbagai educational tools lainnya. Implementasi  suatu  E-learning bisa  masuk  kedalam  salah  satu  kategori  tersebut, yakni  bisa  terletak  diantara  keduanya,  atau  bahkan  bisa  merupakan  gabungan  beberapa komponen dari dua sisi tersebut. Hal ini disebabkan antara lain karena belum adanya pola yang  baku  dalam  implementasi  E-learning  ,  keterbatasan  sumberdaya  manusia  baik pengembang maupun staf pengajar dalam E-learning  , keterbatasan perangkat keras maupun perangkat  lunak,  keterbatasan  biaya  dan  waktu pengembangan.

Penerapan E-learning  untuk  keperluan pendidikan sepenuhnya  terpisah dan tidak diperlukan adanya tatap muka. Seluruh bahan ajar,  diskusi, konsultasi, penugasan, latihan, ujian, dan kegiatan  pembelajaran lainnya sepenuhnya disampaikan melalui internet. Dengan  kata lain model ini menggunakan sistem jarak jauh.


PENGERTIAN E-LEARNING
E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain [Hartley, 2001].
E-learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone [LearnFrame.Com, 2001].
Rosenberg (2001) menekankan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
Hal ini senada dengan Cambell (2002), Kamarga (2002) yang intinya menekankan penggunaan internet dalam pendidikan sebagai hakekat e-learning. Onno W. Purbo (2002) menjelaskan bahwa istilah “e” atau singkatan dari elektronik dalam e-learning di -gunakan sebagai istilah untuk segala teknologi yang digunakan untuk mendukung usaha-usaha pe-ngajaran lewat teknologi elektronik internet. Atau e-learning didefinisikan sebagai berikut : e-Learning is a generic term for all technologically supported learning using an array of teaching and learning tools as phone bridging, audio and videotapes, teleconferencing, satellite transmissions, and the more recognized web-based training or computer aided instruction also commonly referred to as online courses. Jaya Kumar C. Koran (2002), mendefinisikan e-learning sebagai sembarang Pe-ngajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN,atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan. Ong (dalam Kamarga, 2002)mendefinisikan e-learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dapat disebut sebagai suatu e-learning. Keuntungan menggunakan e-learning diantaranya : menghemat waktu proses belajar mengajar, mengurangi biaya perjalanan, menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku), menjangkau wilayah geografis yang lebih luas, melatih pelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.



PENGERTIAN SISTEM
  • Pengertian Sistem Menurut Davis, G.B: Sistem secara fisik adalah kumpulan dari elemen-elemen yang beroperasi bersama-sama untuk menyelesaikan suatu sasaran.
  • Pengertian Sistem Menurut Harijono Djojodihardjo: Suatu sistem adalah sekumpulan objek yang mencakup hubungan fungsional antara tiap-tiap objek dan hubungan antara ciri tiap objek, dan yang secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan secara fungsional.
  • Pengertian Sistem Menurut Lani Sidharta: Sistem adalah himpunan dari bagian-bagian yang saling berhubungan yang secara bersama mencapai tujuan-tujuan yang sama.
  • Pengertian Sistem Menurut Murdick, R.G:  Suatu sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau procedure-prosedure/bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan bagian atau tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan/atau barang pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi dan/atau energi dan/atau barang.
  • Pengertian Sistem Menurut Jerry Futz Gerald: Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.
  • Pengertian Sistem Menurut Indrajit: mengemukakan bahwa sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.
  • Pengertian Sistem Menurut Jogianto: mengemukakan bahwa sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata adalah suatu objek nyata, seperti tempat, benda, dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi.


METODE PENELITIAN
Penelitian adalah sebuah proses yang sistematis dalam mengumpulkan dan menganalisa data guna meningkatkan pengertian atau persepsi tentang fenomena yang akan diteliti.

Untuk  memenuhi kebutuhan materi yang diperlukan serta memperlancar penulisan , maka data yang diperlukan didapat dari berbagai sumber yang ada seperti :
  1. Library Research ( Studi Pustaka ) Mendapatkan atau mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam penulisan skripsi melalui buku-buku, maupun internet.
  2. Metode Browsing Untuk mendapatkan data-data yang berasal dengan pencarian dari internet sebagai bahan masukan dalam perancangan E-learning 
  3. Wawancara Melakukan pengumpulan data dengan metode observasi terhadap pihak yang bersangkutan.

Bahan dan Alat
1.      Perangkat Keras
·         Notebook dengan spesifikasi
Intel Core 2 duo CPU prosessor 1.50 GHz
RAM1,50 GB
HDD 120GB
Handphone Sony Ericsson W300i

2.      Perangkat Lunak
·         Sistem Operasi windows 7 ultimate edition
·         Adobe photoshop CS3 sebagai editor untuk memanipulasi gambar
·         Xampp for windows
·         Netbeans IDE7.6





HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
1. Halaman Login Siswa
login elearning
profil siswa
halaman profil siswa
http://sourceaplikasi.files.wordpress.com/2012/10/tampilan-awal-elearning.png?w=300&h=225http://sourceaplikasi.files.wordpress.com/2012/10/registrasi-e-elearning.png?w=300&h=225http://sourceaplikasi.files.wordpress.com/2012/10/tampilan-daftar-pelajaran.png?w=300&h=225tampilan lihat nilai

tampilan lihat nilai
tampilan materi
tampilan materi
tampilan tugas quis
tampilan tugas quis
tampilan kelas yang diikuti
tampilan kelas yang diikuti
login admin dan pengajar
login admin dan pengajar
Halaman Utama Admin
Halaman Utama Admin
Halaman Management Quis
Halaman Management Quis
KESIMPULAN

Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa :
1.      Sarana pembelajaran e-learning sekolah menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL diwujudkan dengan pembuatan aplikasi.
2.      PHP sebagai bahasa pemograman, MySQL sebagai basis data, dan Gamma sebagai Engine SMS Gateway
3.      Sistem pembelajaran e-learning dapat memberikan fasilitas pmberian materi, pembuatan quiz online, dan pengelolaan nilai bagi guru. Bagi siswa memudahkan dalam fleksibilitas waktu, dan pengerjaan kuis sebagai bahan evaluasi pembelajaran.
4.      Sistem pembelajaran e-learning berbasis web dapat memberikan info SMS mengenai Kehadiran guru, materi baru yang diupload, mengenai nilai siswa sebagai monitoring orang tua terhadap prestasi belajar siswa di sekolah.

DAFTAR PUSTAKA

2   1.  Effendy, Empy,S.E, M.B.A, 2005. Elearning konsep dan aplikasi. Yogjakarta. CV: Andi.
     2.  Sutarman,. 2007. Membangun Aplikasi web dengan PHP dan MySQL. Yogjakarta: Cinta ilmu.
     3.  Edukasi, “ Pengertian edukasi”, http://www.m-edukasi.web.id/2012/11/pengertian-e-learning.html. Diakses 30 mei 2014
      4. “ Pengertian sistem menurut para ahli “, http://www.pengertianahli.com/2013/08/pengertian-sistem-menurut-para-ahli.html. Diakses 30 mei 2014
     5. “Pengertian belajar”, http://belajarpsikologi.com/pengertian-belajar-menurut-ahli/. Diakses 30 mei 2014
     6. “Aplikasi e-learning menggunakan PHP dan MySQL”, http://sourceaplikasi.wordpress.com/2012/10/18/aplikasi-elearning-menggunakan-php-dan-mysql-terbaru/. Diakses 30 mei 2014
     7.  Skripsi Perancangan Perangkat Lunak”, http://fileex.blogspot.com/2013/05/skripsi-perancangan-perangkat-lunak-e.html. Diakses 30 mei 2014  
     8.  http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/25861/5/Chapter%20I.pdf. Diakses 30 mei 2014



Tidak ada komentar:

Posting Komentar