Kamis, 27 Februari 2014

TUGAS BAHASA INDONESIA 2a

Nama              : Dini Novianti
No.reg             : 5235120382
Prodi               : S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Jurusan            : Teknik Elektro
Mata Kuliah    : Bahasa Indonesia

DESKRIPSI TUGAS 2a
      Bacalah dengan seksama skripsi yang Anda teliti tentang penggunaan EYD nya. Buatlah perbaikan sedikitnya 10 hal baru yang Anda temui
         Ubahlah catatan kaki dan daftar pustaka sesuai dengan kaedah EYD
PENYELESAIAN

     1.      Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
   
           Perbaikan: Program inilah yang disebut www atau Worl Wide Web

          Penggunaan tanda koma (,) setelah kata www, seharusnya tidak ada karena sudah ada kata atau.



   2.   Website pada internet merupakan solusi bagi kebutuhan informasi tersebut dan mempunyai nilai lebih bagi para pengajar dan pelajar baik diperkotaan maupun pedesaan dalam mendapatkan informasi khususnya mata pelajaran bahasa inggris untuk proses belajar mengajar.

      Perbaikan: Website pada internet merupakan solusi bagi kebutuhan informasi tersebut dan mempunyai nilai lebih bagi para pengajar dan pelajar baik diperkotaan maupun pedesaan dalam mendapatkan informasi, khususnya mata pelajaran bahasa inggris untuk proses belajar mengajar.
   
     Penggunaan tanda (,) setelah kata informasi, untuk memberi jeda pada kalimat.


    3.   Tim pengembang kemudian membuat situs Open Source Matters untuk mendistrubusikan informasi ke pengguna, pengembang, desainer web dan komunitas lain pada umumnya.
    
      Perbaikan : Tim pengembang kemudian membuat situs Open Source Matters untuk mendistrubusikan informasi ke pengguna, pengembang, desainer web, dan komunitas lain pada umumnya.

      Penggunaan tanda koma (,) harusnya diletakan di kata setelah desainer web karena diakhiri kata dan, untuk mengakhiri penyebutan.

  
    4.    Dengan begitu maka tidak heran banyak sekali bertebaran situs pendidikan yang kreatif, inovatif dan juga interaktif dalam menunjang proses belajar mengajar mereka masing-masing.

         Perbaikan : Dengan begitu maka tidak heran, banyak sekali bertebaran situs pendidikan yang kreatif, inovatif, dan juga interaktif dalam menunjang proses belajar mengajar mereka masing-masing.

       Pengunaan tanda koma (,) setelah kata heran untuk memberi jeda dalam kalimat. Pemberian spasi atau pemisah kata untuk membedakan kata depan dan kata awalan. Penggunaan tanda koma (,) sebelum kata “dan” untuk menyebutkan hal-hal yang lebih dari satu.


   5.      Selain itu banyak juga berbagai macam software pembuat website tersebut, dari mulai Front Page pada Microsoft Office, Web Page Maker, Wordpress, Blogspot, dan lain sebagainya.

     Perbaikan : Selain itu, banyak juga berbagai macam software pembuat website tersebut, dari mulai Front Page pada Microsoft Office, Web Page Maker, Wordpress, Blogspot, dan lain sebagainya.

      Penggunaan tanda koma (,) setelah kata “selain itu” untuk memberi jeda dalam kalimat.
  
    6.      Sekarang ini banyak sekali situs yang sama bertebaran di dunia maya sehingga membuat para pelajar dan pengajar menjadi tidak fokus dalam belajar, karena harus mengunduh data dari situs yang satu ke situs yang lain, bahkan biasanya materinya mungkin kurang lengkap dan mencari pelengkapnya ke situs yang lain dan akhirnya materi yang satu dengan yang lain tidak ada hubungannya.

      Perbaikan : Sekarang ini banyak sekali situs yang sama bertebaran di dunia maya, sehingga membuat para pelajar dan pengajar menjadi tidak fokus dalam belajar karena harus mengunduh data dari situs yang satu ke situs yang lain. Bahkan biasanya materinya mungkin kurang lengkap dan mencari pelengkapnya ke situs yang lain dan akhirnya materi yang satu dengan yang lain tidak ada hubungannya.
    
      Penggunaan kata koma (,) sebelum kata sehingga untuk membedakan induk dan anak kalimat. Sebelum kata “ bahkan “ seharusnya ada tanda titik (.) untuk mengakhiri kalimat sebelumnya.


    7.      Topik yang akan dikaji antara lain Mengenal tentang Bahasa Inggris lebih jauh khususunya pada tingkat umum yang digunakan sehari-hari, Sistem KBK dan Bagaimana menginstal Joomla 1.5 serta mengenal software pendukung apa saja yang diperlukan untuk membuat aplikasi dari software Joomla 1.5 supaya lebih bagus.

Perbaikan : Topik yang akan dikaji, antara lain : Mengenal tentang Bahasa Inggris lebih jauh khususunya pada tingkat umum yang digunakan sehari-hari, Sistem KBK, dan Bagaimana menginstal Joomla 1.5 serta mengenal software pendukung apa saja yang diperlukan untuk membuat aplikasi dari software Joomla 1.5 supaya lebih bagus.

      Penggunaan tanda koma (,) sebelum kata “antara lain” dan “sistem KBK” dan penggunaan tanda titik dua (:) setelah kata “antara lain” bertujuan untuk menyebutkan hal-hal yang lebih dari satu. Penggunaan huruf miring saat menggunakan istilah asing.

   8.  Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs.

      Perbaikan : Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar, dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs.

      Penggunaan tanda koma (,) sebelum kata “ gambar” pada penyebutan yang diakhiri dengan kata dan.

   9.      Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia.

 Perbaikan : Sementara itu, di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang  menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark , dan Swedia.

 Penggunaan tanda koma(,) setelah kata “sementara itu” untuk memberi jeda kalimat. Tanda koma (,) pada penyebutan lebih dari satu sebelum diakhiri kata dan.

   10.      Selain itu identifikasi para pendatang di Inggris dengan suku Angle, Saxon, dan Jute tidak diterima lagi dewasa ini (Myres, 1986, p. 46 dst.), terutama setelah diterima bahwa bahasa Anglo-Saxon ternyata lebih mirip dengan bahasa Frisia daripada bahasa salah satu suku bangsa yang disebut di atas ini.

Perbaikan : Selain itu, identifikasi para pendatang di Inggris dengan suku Angle, Saxon, dan Jute tidak diterima lagi dewasa ini (Myres, 1986, p. 46 dst.). Terutama setelah diterima bahwa bahasa Anglo-Saxon ternyata lebih mirip dengan bahasa Frisia daripada bahasa salah satu suku bangsa yang disebut di atas ini.

Penggunaan tanda koma (,) setelah kata “ selain itu “ untuk member jeda kalimat. Sebelum kata terutama seharusnya tanda titik (.)






PENULISAN DAFTAR PUSTAKA SESUAI EYD :

Penulisan yang benar sesuai EYD : Nama. Tahun. Judul Buku. Tempat terbit : Penerbit
Jika ada dua nama penulis, maka nama penulis pertama dibalik, penulis kedua namanya tetap dan ditambah kata “ dan ”

Daftar Pustaka


1.      Chan Syahrial. “Graded Exercises In English”. Bojonegoro : LPIKOM
             Bojonegoro, 2001.

Perbaikan : Syahrial, Chan l. 2001. Graded Exercises In English. Bojonegoro : LPIKOM.

2.      Triswanto Sugeng. “Practice and Progress”. Bojonegoro : LPIKOM Bojonegoro,
2000.
Perbaikan : Sugeng, Triswanto. 2000 Practice and Progress. Bojonegoro : LPIKOM.


3.      Edi S.Mulyanta, 212 Tip Menguasai Adobe Photoshop CS, Andi Offset : Cet II,
Yogyakarta, 2004.

Perbaikan : Mulyanta, Edi S. 2004.212 Tip Menguasai Adobe Photoshop CS. Yogyakarta.
Andi Offset.


4.      Rachmad Hakim, S., Nanang Indra P., Professional Website dengan Joomla 1.5.,
Elex Media Komputindo : Cet I, Jakarta, 2009

Perbaikan : S. Hakim, Rachmad dan Nanang Indra P.2009. Professional Website dengan Joomla 1.5. Jakarta : Elex Media Komputindo.


5.      Sampurna, “Belajar Sendiri Membbuat Home Page dengan HTML”. Elex Media
Komputindo : Cet I, Jakarta, 1996

Perbaikan : Sampurna. 1996. Belajar Sendiri Membbuat Home Page dengan HTML.Jakarta : Elex Media Komputindo.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar