Minggu, 09 Maret 2014

TUGAS BAHASA INDONESIA 4


Nama              : Dini Novianti
No.reg             : 5235120382
Prodi                : S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (R)
Jurusan            : Teknik Elektro
Mata Kuliah    : Bahasa Indonesia

    Bacalah dengan seksama skripsi yang Anda teliti tentang penggunaan logika kebahasaan yang telah Anda pelajari. Tunjukkan kesalahan dan bagaimana seharusnya menurut Anda, minimal 10 kesalahan terutama pada Bab 1 dan Bab 2.
     Buatlah suatu contoh perbaikan tulisan yang benar secara kebahasaan dalam langkah perbaikan skripsi yang Anda telaah. Anda tidak perlu mengubah isi skripsi tersebut, tetapi hanya mengubahnya dari sudut kebahasaan yang ada.

PENYELESAIAN 




   1. Informasi mempunyai peranan penting untuk kelangsungan proses belajar mengajar khususnya informasi materi bahasa inggris yang akan diajarkan pengajar kepada pelajar.

Kesalahan : Non Secuitur (kesalahan konsekuen) Terjadi pertukaran antara anteseden dengan konsekuen.

Perbaikan : Proses belajar mengajar mempunyai peranan penting khususnya penyampaian materi yang akan diajarkan pengajar kepada pelajar.

     2.  Dengan begitu maka tidak heran banyak sekali bertebaran situs pendidikan yang kreatif, inovatif dan juga interaktif dalam menunjang proses belajar mengajar mereka masing-masing.

Kesalahan : informal, terjadi pemborosan kata

Perbaikan : Dengan begitu tidak heran banyak bertebaran situs pendidikan yang kreatif, inovatif dan interaktif dalam menunjang proses belajar mengajar mereka masing-masing.

   3.Mereka mengandalkan jaringan global ini untuk mendapatkan informasi umum tanpa batas yang akan memberikan data atau materi mata pelajaran bahasa inggris yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar. Selain itu banyak juga berbagai macam software pembuat website tersebut, dari mulai Front Page pada Microsoft Office, Web Page Maker, Wordpress, Blogspot, dan lain sebagainya
   
      Kesalahan : Kesalahan Analogi karena di kalimat awal membicarakan jaringan global dan diakhir kalimat membahas tentang macam software.


Perbaikan : Mereka mengandalkan website ini untuk mendapatkan informasi umum tanpa batas yang akan memberikan data atau materi mata pelajaran bahasa inggris yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar. Selain itu, ada berbagai macam software pembuat website  mulai  dari Front Page pada Microsoft Office, Web Page Maker, Wordpress, Blogspot, dan lain sebagainya


     4. Sekarang ini banyak sekali situs yang sama bertebaran di dunia maya sehingga membuat para pelajar dan pengajar menjadi tidak fokus dalam belajar, karena harus mengunduh data dari situs yang satu ke situs yang lain, bahkan biasanya materinya mungkin kurang lengkap dan mencari pelengkapnya ke situs yang lain dan akhirnya materi yang satu dengan yang lain tidak ada hubungannya. Hal seperti ini akan mempersulit orang yang sedang belajar bahasa ingggis khususnya pemula yang tidak ada pembimbingnya.

Kesalahan : Argumentum ad Hominem (argumentasi ditujukan kepada orang lain).Disini ditunjukkan kepada pemula yang tidak ada pembimbing, sedangkan diawal dijelaskan kepada pelajar.

Perbaikan : Sekarang banyak situs yang sama bertebaran di dunia maya sehingga para  pelajar dan pengajar menjadi tidak fokus dalam belajar, karena harus mengunduh data dari situs yang satu ke situs yang lain, biasanya materi kurang lengkap dan mencari pelengkapnya ke situs yang lain dan akhirnya materi yang satu dengan yang lain tidak ada hubungannya. Hal seperti ini akan mempersulit pelajar yang sedang belajar bahasa Inggris.

   5. Aplikasi web ini berusaha untuk mengarahkan para pemula untuk belajar bahasa inggris yang benar khususnya untuk bahasa inggris umum yang digunakan sehari-hari tanpa harus beralih ke situs lain. Jadi, pelajar hanya fokus pada satu situs yaitu situs aplikasi ini saja.

      Kesalahan formal : Kesalahan Sebab Akibat yang Tidak Memadai. Sebab untuk para pemula, akibat ditunjukkan kepada pelajar.

Perbaikan : Aplikasi web ini berusaha untuk mengarahkan pelajar untuk belajar bahasa inggris yang benar khususnya untuk bahasa inggris umum yang digunakan sehari-hari tanpa harus beralih ke situs lain. Jadi, pelajar hanya fokus pada satu situs yaitu situs aplikasi ini saja.

    6.  Selain itu, situs ini hanya dibuat untuk pelajar yang benar-benar ingin memahami bahasa inggris karena Kesalahan Jawaban bisa dicari pada forum diskusi kami Facebook dan Twitter, bertanya pada guru bahasa inggris pelajar masing-masing, maupun teman-teman pelajar yang pandai bahasa inggris.
Kesalahan  : Kesalahan Ignoratio Elenchi. Isi argumentasi nya tidak relevan dengan pernyataan. Karena diawal untuk memahami bahasa Inggris namun diakhir jawaban bisa dicari, berarti pelajar bisa mendapatkan jawaban sebelum mengerjakan soal.

Perbaikan : Selain itu, situs ini hanya dibuat untuk pelajar yang benar-benar ingin memahami bahasa inggris. Pelajar yang aktif akan mengerjakan latihan yang tersedia di situs. Jika  sudah mengerjakan latihan, jawaban yang salah bisa dicari pada forum diskusi kami Facebook dan Twitter, bertanya pada guru bahasa inggris pelajar masing-masing, maupun teman-teman pelajar yang pandai bahasa inggris.

    7.  Cara efektif publikasi adalah dengan membayar, walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi situs cepat masuk ke search engine dan dikenal oleh pengunjung.

Kesalahan : Pernyataan yang kompleks. Terjadi selain kalimatnya kompleks, juga pertanyaan tidak jelas. Dijelaskan cara efektif namun kalimat tidak mennyatakan cara tersebut efektif.

Perbaikan : Cara efektif publikasi adalah dengan membayar situs masuk ke search engine dengan begitu situs lebih cepat dikenal oleh pengunjung.

    8.  Selain itu, website merupakan salah satu indikator kredibilitas dan prestige (gengsi) suatu sekolah. Dengan memiliki website, maka sekolah yang Bapak Pimpin bisa sejajar dengan sekolah lain yang namanya terkenal luas di seluruh Indonesia atau bahkan internasional. Hal ini dikarenakan internet tidak mengenal batas wilayah negara ataupun batas-batas yang lain.

Kesalahan : Informal, kesalahan karena bahasa. Kalimat diatas menjelaskan website bagi sekolah, namun dikhususkan kepada sekolah yang Bapak pimpin. Sedangkan Sekolah tidak selalu dipimpin oleh Bapak Kepala Sekolah.

Perbaikan : Selain itu, website merupakan salah satu indikator kredibilitas dan prestige (gengsi) suatu sekolah. Dengan memiliki website, maka sekolah bisa sejajar dengan sekolah lain yang namanya terkenal luas di seluruh Indonesia atau bahkan internasional. Hal ini dikarenakan internet tidak mengenal batas wilayah negara ataupun batas-batas yang lain.

    9.  Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

Kesalahan :Kesalahan Komposisi dan Divisi. Terjadi karena menerapkan predikat individu ke kelompoknya.Profesional yang memanfaatkan jaringan internet, padahal bukan hanya yang professional saja.

Perbaikan : Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya masyarakat Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.


    10.  Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.

Kesalahan : kesalahan informal, kesalahan karena bahasa. Sehingga kalimat kurang efektif.

Perbaikan : Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer , maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini dikenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar